Tuesday, March 31, 2015

Kampung Batik solo

Kampung Batik Laweyan
Salah eka wilayah yang menghasilkan batik Solo yang benar-benar terkenal ini adalah Laweyan. Laweyan ialah salah satu wilayah di Solo yang memproduksi batik, benar itu batik cap maupun batik tulis. warga kampung itu pernah menekuni membangun kain batik semenjak masa ke-19. Dari pedalaman itulah berjuta-juta bisnismen – bisnismen batik yang sukses dengan batik – batik yang dibuat oleh penduduk kisaran Laweyan ini.

Jika jurus berkunjung ke daerah Laweyan ini, sungguh-sungguh akan meningkatkan pengetahuan kami dalam batik. Dengan menikmati panorama sekitar daerah Laweyan yang banyak dihiasi dengan rumah – rumah mewah bergaya usang waktu sebelumnya membuta kita hendak terlena hendak oemandangan tersebut. tidak cuman itu, para pengarajin batik Solo itu pun terlihat keras dalam membuta kain batiknya. Hal itu niscaya suksesnya para wirausaha kain batik yang berada di wilayah tersebut.

Salah tunggal karakter khas batik dari wilayah itu ialah beragam amat banyak corak maupun struktur didalam esa batik. Hal itu benar-benar benar-benar jelita jikalau kami saksikan secara fokus dengan sarat rasa terpukau. Dari sekapasitas banyak barisan ataupun crak batik Laweyan ini, motif Tirto Tejo ataupun Truntumlah yang membuahkan karakter khas dari batik di wilayah itu. selain itu, motif ini jugla yang memngantar batik Solo sampai ke seluruh pelosok republik indonesia hingga dunia.

Tidak hanya itu, konsep wisat batik di kawasan Laweyan ini di buat dengan konsep galeri yang bertempat di rumah – rumah di kisaran area tersebut. dengan konsep utama “Rumahku adalah Galeriku”, kawasan ini membentuk jurusan ternama pada untaian libura ke Solo. Dengan rumah yang dijadikan galeri tersebut, nuansa darmawisata pun membuat kian baik lagi dan juga membentuk tamu nyaman.

Kampung Batik Kauman
Sam halnya sebentuk kawsan Laweyan, daerah Kauman ini juga sama dengan kawasan yang membuat sentral pada penghasil batik Solo. area ini tidak kalah menariknya dengan wilayah Laweyan semula. Dengan memajnag bnatik yang berusia puluhan tahun disetiap rumah usang yang klasik, meledakkan area tersebut menciptakan salah tunggal andalan tempat tamasya kota Solo.

Dengan dibekalinoleh Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, saat ini masyarakat yang tinggal di wilayah Kauman itu membuat pembuat batik yang frontal dibentuk bagi dikenakan oleh keluarga keraton bahkan saat ini. dalam sistem pembuatannya, kain batik yang diproduksi oleh manusia Kauman itu dibagi membikin tiga proses, yakni batik kuno pakem atau bertambah dikenal dengan batik tulis, batik bersih cap, maupun juga batik jenis federasi antara batik tulis dan juga batik cap.

Batik – batik yang dihasilkan oleh para warga di kawasan itu diproduksi dengan karisma yang dibawa oleh Keraton Kasunanan. Batik yang diproduksi terbatas bagi keluarga Keraton ini lazimnya diproduksi dengan batik kalsik pakem atau batik tulis. ataupun batik tradisional pakem itulah yang membentuk salah esa calon juara dari kawasan pengrajin batik di kawasan tersebut. kain – kain batik yang dibentuk di wilayah Kauman ini memasang instrumen sutra daerah ataupun sutra tenun dar masyarkat di kawasan tersebut. lain dari itu, batik Kauman ini juga dibuat dengan memakai kain kain katun sesosok primisima.

Kawasan Kauman ini juga mempunyai setiap media sejenis homestay, hotel untuk para pendatang yang ingin menginap ataupun juga menawarkan museum batik yang dijadikan sebagi tempat penyimpanan batik hasil ciptaan dari penduduk – penduduk sekitar.

Batik Solo tentu membentuk ikon dari batik – batik yang lainny di tanah air beta. serta pernah mesti juga kite-kite mengapresiasikan batik ini sebagi baju yang digunakan oleh masyarakat tanah air beta.

No comments:

Post a Comment